Kedokteran Unissula dan USIM Perluas Kerjasama Internasional

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (FK Unissula) menerima kunjungan resmi delapan profesor dari Fakultas Kedokteran Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Malaysia. Mereka adalah Prof Dato’ Dr Muhammad Shamsir (Dekan), Prof Dr Mohd Fadzillah, Assoc Prof Dr Noor Fadzilah, Assoc Prof Dr Nazefah, Prof Rafidah Hanim, Assoc. Prof Dr Norsham Juliana, Assoc Prof Dr Khairullah Anuar dan Dr Nadeeya Ayn Umaisara.

Mereka akan mengikuti sejumlah agenda diantaranya; diskusi penelitian, seminar internasional, dan kunjungan ke fasilitas pembelajaran. Mereka juga berkesempatan bertemu dengan mahasiswa USIM yang sedang melaksanakan program Elective Posting di Kedokteran Unissula hingga 3 Desember 2022 mendatang.

Dekan Kedokteran Unissula Dr dr Setyo Trisnadi bercerita tentang sejarah kolaborasi kedua fakultas tersebut yang telah dimulai sejak 2015. Selain itu, ia juga memaparkan rencana kegiatan-kegiatan kolaborasi selanjutnya. Ia berharap agar kerja sama antara kedua belah fihak semakin kuat dan membawa manfaat yang lebih luas. “Kami berterimakasih atas kunjungan ini. Dan kami siap memperluas area kerjasama internasional dengan USIM,” ungkapnya (2/12).

Lebih lanjut Setyo Trisnadi menjelaskan Fakultas Kedokteran Unissula merupakan fakultas kedokteran unggulan di Indonesia. “Selain telah terakreditasi nasional Kedokteran Unissula juga telah terakreditasi internasional. Telah melahirkan ribuan dokter yang saat ini menyebar di hampir semua wilayah Indonesia. Memiliki rumah sakit pendidikan yang terakreditasi paripurna. Juga memiliki berbagai laboratorium dan riset riset kelas internasional. Memiliki jaringan pendidikan internasional dengan berbagai universitas unggulan baik di Jepang maupun di Korea Selatan dan berbagai negara lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan Kedokteran USIM menyambut terbuka kerjasama tersebut. “Kami mengajak semua pimpinan Kedokteran USIM dalam kunjungan ini. Hal ini menjadi sinyal kuat keinginan kami untuk terus menjalin kerjasama dengan Kedokteran Unissula,” ungkap Prof Dato’ Dr Muhammad Shamsir.

Ia juga menyampaikan bahwa Unissula memiliki banyak keunggulan yang perlu dicontoh seperti pemanfaatan wakaf untuk bidang kesehatan dan pendidikan. Ia juga mengundang segenap dosen dan mahasiswa Kedokteran Unissula untuk datang ke Kedokteran USIM. [hms]