Kebidanan FK UNISSULA Menyelenggarakan “In House Training” Pelatihan Bekam Sunnah Standar PBI

Semarang, Jumat 24 Juni 2022. Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran Unissula bekerja sama dengan Persatuan Bekam Indonesia (PBI) menggelar pelatihan bekam sunnah pada tanggal 23 dan 24 Juni 2022. Kegiatan itu diadakan di Gedung B Lantai I Fakultas Kedokteran Unissula. 

Pelatihan yang digelar dalam rangka memberikan bekal Dosen dan Mahasiswa melestarikan cara sehat Rosulullah ini diikuti 48 peserta yang terdiri oleh 43 Mahasiswa, 4 Dosen, dan 1 Clinical Instructure (CI).

Dalam sambutannya, Ka Prodi Kebidanan RR Catur Leny Wulandari, SSiT MKeb menyampaikan, pelatihan ini tidak hanya mengajarkan teori kesehatan, tetapi peserta pun dibekali keterampilan dasar untuk melakukan praktik bekam dalam Kebidanan sesuai standar PBI. 

Pelatihan Bekam ini juga bertujuan memberikan bekal para bidan muda Prodi Profesi Bidan FK UNISSULA sebelum praktik di lahan serta meningkatkan keterampilan dosen dan bidan muda dalam memberikan terapi bekam sesuai sunnah. Kegiatan ini menghadirkan trainer nasional PBI, yaitu Ns Aris Setyawan, SKep MHPE.

Ketua Panitia kegiatan Arum Meiranny, SSiT MKeb menjelaskan, tujuan dari Pelatihan Bekam ini adalah untuk memperkenalkan salah satu pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yaitu Al-Hijamah (Bekam) dan menstandarkan para terapis bekam agar sesuai SOP.

“Pada hari pertama, peserta diberikan materi dari pagi hingga sore. Sementara di hari kedua praktik penuh, peserta saling membekam antara mereka, namun tetap menjaga syariat Islam. Dikarenakan semua peserta pelatihan adalah perempuan, maka praktiknya pun didampingi oleh fasilitator perempuan. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok, dan setiap kelompok didampingi oleh 1 fasilitator.”

Di antara materi yang diberikan adalah, Aqidah dalam pengobatan, Teori Bekam (Al-Hijamah), Anatomi Hijamah, Menentukan titik bekam, Larangan dalam berbekam, Aspek Hukum Pengobatan Tradisional, Perlengkapan Bekam, Pemeriksaan Awal sebelum bekam, Administrasi Klien Bekam, SOP Terapi Bekam, dan Bekam dalam kasus kebidanan.

 “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih Prodi Kebidanan FK Unissula atas program pelatihan terapis bekam ini. Materi dan praktik pelatihannya sangat lengkap. Semoga kami bisa mengaplikasikan ilmu ini dengan sebaik-baiknya dan memberi kemaslahatan kepada masyarakat agar menjadi semakin sehat,” harap salah satu peserta pelatihan.

Pada kesempatan penutupan, Ketua Panitia kegiatan Arum Meiranny, SSiT MKeb menyampaikan harapan agar alumni dari pelatihan ini benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan sebaik-baiknya. Kami berharap mereka siap menjadi relawan kesehatan agar menjadi pembekam yang profesional, amanah dan ‘nyunnah’.[hms]