Bersinergi dengan Warga Pucang Gede-Demak, FK Unissula Adakan Penyuluhan Kesehatan dan Pembagian Sembako Gratis

SEMARANG-Fakultas Kedokteran (FK) Unissula mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di RT 11/RW 13 Perumahan Pucang Gede Batursari Mranggen Demak, Sabtu (16/04/2022). Kegiatan ini bertemakan “Ramadhan adalah Momentum Untuk Mempererat Tali Ukhuwah Islamiyah Antarwarga”.

Ketua Panitia acara Drs Hadi Prayitno berharap kegiatan gebyar ramadhan ini bisa bermanfaat dan memberikan keberkahan untuk semuanya, panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Dr Siti Thomas Zulaikhah SKM MKes yang telah memberikan tempat untuk terlaksananya kegiatan gebyar ramadhan ini, ungkapnya mengawali sambutan.

Sementara itu, Dr Suparmi SSi MSi ERT selaku Koordinator Pengabdian Masyarakat (KPM) Fakultas Kedokteran Unissula menambahkan dalam kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis di Perumahan Pucang Gede Batursari Mranggen Demak, pihaknya membawa petugas pelayanan kesehatan dari berbagai elemen, kami membawa lima dokter umum, empat mahasiswa coas IKM dan satu analis lab,” jelasnya sekaligus membuka acara.

Pada kesempatan ini, materi awal penyuluhan kesehatan disampaikan oleh Dr dr Suryani Yuliyanti MKes dengan judul “Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”. PHBS ini adalah Program Khusus dari Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Adapun beberapa macam PHBS, diantaranya PHBS Rumah Tangga, Tempat Kerja, Sekolah, Tempat Umum dan Fasilitas Kesehatan.

Adapun sepuluh indikator PHBS rumah tangga, diantaranya: 1. Persalinan ditololong oleh tenaga kesehatan, 2. Memberi bayi ASI Ekslusif selama enam bulan, 3. Menimbang bayi dan balita setiap bulan dimaksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan dan tercatat di buku Kartu Menuju Sehat (KMS), 4. Menggunakan air bersih, 5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, 6. Menggunakan jamban sehat, 7. Memberantas jentik nyamuk penyebab demam berdarah melalui 3 M Plus (menguras, mengubur, mendaur ulang serta mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk), 8. Makan buah dan sayur setiap hari karena mengandung vitamin dan mineral, yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, 9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari, minimal anggota keluarga melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, 10. Tidak merokok di dalam rumah. Semoga dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat senantiasa sehat dan selalu baik, ujar Dr Yuli mengakhiri penyuluhan.

Pembicara kedua Dokter Bagas Widiyanto MBiomed menyampaikan materinya “Tips Bugar Selama Puasa Ramadhan”. Yang pertama diawali dengan niat semangat puasa, kedua Sahur, pilih makanan berserat dan protein tinggi supaya proses pencernaan lambat, insulin akan dikeluarkan bertahap. Jangan tidur setelah sahur pergunakan untuk olahraga ringan dan aktivitas seperti biasa, tidur secukupnya jangan tidur terlalu banyak tubuh bisa loyo, kulit wajah kering dan tidak segar. Ketiga Saat berbuka puasa, bukalah dengan air putih dan kurma, baru kemudian makanan yang manis. Keempat konsumsi air putih delapan gelas sebelum puasa esok hari. Kelima kendalikan emosi dan selalu berpikir positif. Keenam mengosok gigi dan mandi, tubuh akan terasa segar dan terhindar dehidrasi. Saat I’tikaf bekali dengan suplemen makanan yang baik dan tahan lama seperti kurma, madu, hindari permen, kafein, pemanis, pengawet. Menjaga tubuh tetap segar saat berpuasa sangat penting demi kesempurnaan ibadah, jelas dr Bagas.

Terpisah beberapa tim coas IKM memeriksa tensi darah warga dilanjutkan dokter FK Unissula yang bertugas memeriksa pasien dan memberikan konsultasi Kesehatan dan Pengobatan Gratis, tim analis FK Unissula juga mengecek kolestrol, asam urat serta gula darah. Pengobatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB dengan target 70 orang terlayani dan pembagian sembako gratis oleh panitia gebyar ramadhan. Alhamdulilah serangkaian acara pemeriksaan dan pengobatan serta pembagian sembako gratis berjalan dengan lancar. [hms]