Warga Barutikung Semarang Mendapatkan Pengobatan Gratis Dari FK UNISSULA

Pengobatan Massal, FK Unissula, Barutikung

SEMARANG - Sebagai wujud kepedulian perguruan tinggi terhadap masyarakat, Fakultas Kedokteran (FK) Unissula melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pengobatan Masal dan Wakaf 200 Alqur'an oleh MT Baiturrahim Taman Setiabudi Semarang. Kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu (19/3/2022) dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat Barutikung Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara.

Puluhan masyarakat Barutikung Semarang berbodong-bondong datang untuk melakukan Pengobatan Massal Bersama FK Unissula yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren Ummul Qur’an Kampung Barutikung, Kelurahan Bandarharjo Semarang. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kelurahan Bandarharjo, Pengasuh Ponpes Umul Qur’an, para dokter FK Unissula dan Kepala Unit Pengabdian Masyarakat FK Unissula.

Rangkaian kegiatan pengabdian adalah berupa penyuluhan atau Edukasi tentang kesehatan yang disampaikan tim penyuluh yaitu dr Nur Anna CS, SpPD FINASIM KEMD, dr Andriana TWWS, Sp THT-KL MSi Med dan Dra Eni WidayatiMSi, pada intinya pada penyuluhan tersebut bahwa manjalankan Puasa pada bulan Ramadhan dapat dijadikan sebagai metode alternatif diet yang memiliki manfaat positif jika dijalankan oleh penderita Diabetes Mellitus yakni dapat menurunkan gula darah agar lebih stabil.

Pada pengobatan massal ini para dokter FK Unissula yang akan memeriksa pasien, juga hadir perawat, petugas farmasi, administrasi serta panitia pelaksana kegiatan tersebut. Segala jasa pengobatan atau tindakan medis serta obat-obatan diberikan secara  gratis kepada masyarakat.

Selain pengobatan masal kegiatan ini juga memberikan layanan anamnesa dokter, cek kolestrol, asam urat, gula darah, obat dan pembagian 100 masker bagi masyarakat, untuk pengobatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB dengan target 100 orang terlayani.

Alhamdulilah rangkaian acara penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gratis di Ponpes Ummul Qur’an berjalan dengan lancar, meriah dan sukses. [hms]