Visitasi LAM-PTKes Tingkatkan Kualitas Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker

SEMARANG – Asessor  LAM-PTKes Dr. Apt., Iskandarsyah., M.Si., Prof. Dr. Apt., Sudjarwo, MS. dan Dr. Apt., Bondan Ardiningtyas, mengadakan kunjungan visitasi ke Prodi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Kedokteran Unissula selama dua hari (23/02 dan 24/02). Mereka disambut hangat oleh Rektor Unissula, Prof. Dr. H. Gunarto, SH., SE., Akt., M.Hum, Dekan Dr. dr. Setyo Trisnadi, SH., SpKF, dan Ka Prodi PSPA Prof. Dr. Suwaldi Martodihardjo, M.Sc. Apt., serta dosen dan karyawan Fakultas Kedokteran.

Dalam sambutannya Prof Gunarto menjelaskan Unissula saat ini sudah mengalami kemajuan dalam akreditasi, untuk yang B masih yang lama, belum dikonversi Baik Sekali itu sudah 40%, yaitu sebanyak 16 prodi, kemudian yang baik dan sudah terkonversi menjadi Baik Sekali sebanyak 8 % dan baik sebanyak 3%. Hanya satu yang akreditasinya masih C, yaitu PSPA. Mengapa masih C karena baru berdiri tahun 2019.

Sebagai prodi yang memiliki reputasi terkemuka di Indonesia, kita sudah menjalankan program kerja untuk meningkatkan kualitas akreditasi PSPA. Kita terkemuka dalam membangun generasi khaira ummahnya. InsyaAllah rekomendasi dari bapak dan ibu assesor menjadi bagian yang penting, fundamental dari program kerja kami kedepan, sehingga saya selaku rektor berharap PSPA mendapatkan rekomendasi menjadi baik sekali dan didukung Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) H. Hasan Toha Putra, M.BA. untuk memberikan jaminan PSPA ini menjadi lebih baik dimasa mendatang, Aamiin. Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Ketua Pembangunan dan Pengelolaan Aset YBWSA Dr. Ir. H. Sumirin, M.S, Dr Umar Ma’ruf SH SpN MHum Wakil Rektor I serta Wakil Rektor III, Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD.

“Sebagai delegasi LAM-PTKes, kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat hangat dari Kedokteran Unissula. Kita hadir bertiga dalam proses assesmen lapangan atau visitasi luring ini, inilah kita sebenarnya, memotret prodi PSPA yang ada di Unissula. Kami tidak sedang menghakimi, namun kami hanya mengklarifikasi benar atau tidak dari borang atau dokumen yang sudah diupload secara online,” ungkap Prof Sudjarwo.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, dipenghujung acara tak lupa ketua assesor Dr Iskandarsyah menyampaikan keseluruhan sarana dan prasarana untuk PSPA sudah sangat baik namun perlu dipoles beberapa sop-sop yang ada menjadi lebih baik.

Dekan FK Dr. Setyo Trisnadi dalam sambutan akhir, kami selaku pengelola mengucapkan terimakasih kepada assesor, karena ini akan dicontoh kepada kemajuan program studi farmasi nyambung dengan PSPA. Sudah menjadi kewajiban kami selaku pengelola, saat kami berkeliling di fasilitas PSPA bersama Prof Sudjarwo sudah banyak diberi masukan-masukan, sebetulnya kekhususan di Unissula itu bisa dikembangkan menjadi capaian unggul untuk PSPA, dikarenakan Rumah Sakit Utama Pendidikan milik sendiri yayasan. Kemudian komitmen dari universitas dan yayasan yang luar biasa selalu mensupport penuh menjadi modal bagi kami.

Sementara itu asessor Dr. Bondan Ardiningtyas menambahkan seperti yang disampaikan bapak dekan, selain support dan komitmen yang luar biasa dari universitas dan yayasan, mungkin prodi perlu ditambahkan bekal untuk manajemen, manajeman yang dimaksud bukan manajemen bisnis, manajemennya akan terkait banyak hal. Karena sekarang ini PSPA baru masih 40 mahasiswa plus 35, dan dosennya baru 17. Nantinya, jika berkembang dosennya tambah sekian, dengan yang kecil saja harus solid, tertata, dan berkoordinasi baik, nanti semakin besar semakin kuat. Jadi manajemen yang dimaksud lebih ke skill manajemen bagaimana mengoperasikan. Kami berharap kedepan ada wawasan yang lebih visioner sebagai konsen, jadi sebagian harus ada yang memikirkan kesana termasuk entrepreneur kampus. [hms]