Prodi Profesi Bidan UNISSULA Gelar Pelatihan Bekam Sunnah Standar PBI Tersertifikasi

SEMARANG- Program Studi Profesi Bidan (PSPB) UNISSULA bekerjasama dengan Persatuan Bekam Indonesia (PBI) menggelar Pelatihan Bekam Sunnah pada tanggal 18–19 Februari 2022. Kegiatan tersebut diadakan di Ruang Aisha Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan. Pelatihan Bekam Sunnah Standar PBI ini diikuti oleh 26 peserta, yang terdiri atas 14 bidan muda dan 12 dosen pembimbing tahap profesi dengan tujuan memberikan bekal para bidan muda Prodi Profesi Bidan UNISSULA sebelum praktik di lahan serta meningkatkan keterampilan dosen dan bidan muda dalam memberikan terapi bekam sesuai sunnah dan melestarikan Thibbun Nabawi. Kegiatan ini menghadirkan trainer nasional PBI, yaitu Ns. Aris Setyawan., S.Kep., MHPE.

Dalam sambutannya, Ka. Prodi profesi Bidan RR. Catur Leny Wulandari, S.SiT., M.Keb. menyampaikan bahwa pelatihan ini tidak hanya mengajarkan teori dasar bekam, tetapi peserta pun dibekali keterampilan untuk melakukan praktik bekam sesuai standar PBI, sehingga dapat mengimplementasikan visi Prodi Kebidanan UNISSULA, yaitu memberikan asuhan kebidanan berbasis syariah.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut memiliki manfaat yang luar biasa. Pada hari pertama, para peserta diberikan materi tentang konsep pengobatan Islam, teori bekam (Al-Hijamah), anatomi hijamah, penentuan titik bekam, larangan dalam berbekam, aspek hukum pengobatan tradisional, perlengkapan bekam, pengkajian data dan administrasi klien bekam, K3 bekam, serta SOP terapi bekam. Pada hari kedua, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan kasus yang telah disiapkan oleh trainer, kemudian perwakilan masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya. Setelah sesi studi kasus, trainer mempraktikkan terapi bekam sunnah sesuai standar PBI kepada rekan ikhwan. Kemudian, trainer membagi peserta menjadi 3 kelompok dan saling berpasangan setiap 2 orang serta didampingi oleh fasilitator akhwat. Setiap peserta melakukan terapi bekam kepada pasangannya masing-masing dengan didampingi oleh fasilitator. Pada akhir pelatihan, semua peserta mendapatkan sertifikat berhologram PBI. [hms]