Halal Bihalal FK UNISSULA 2021

Bulan Ramadhan telah berlalu, Gema takbir telah dikumandangkan. FK UNISSULA mengadakan hahal bihalal dalam rangka menjalin silaturahmi antar sesama untuk menyambut hari kemenangan umat islam. Halal bihalal di tahun 2021 kali ini dilaksanakan secara Onsite yang dihadiri pimpinan FK dan tamu undangan serta secara Online melalui Zoom Meeting dan Live Via Youtube oleh seluruh keluarga besar FK UNISSULA Semarang baik dosen maupun Karyawan. Tema yang diambil pada kesempatan kali ini adalah “ Mengembalikan Kemurnian Hati dengan Fitrah-Nya dalam indahnya Silaturahmi” dengan narasumber DR. H. Supian Sauri,LC, M.Ag,

Hati berperan sebagai sensor diri, jadi jangan sekali-kali meremehkan apa yang ada dalam hati kita,  jika hati cenderung pada keburukan maka harus segera kita hilangkan, dengar adzan malas ke masjid maka hal buruk tersebut harus segera dihilangkan jangan sampai kita meremehkan hal-hal yang merusak hati kita.  Saat bahagiapun jangan sampai menjadikan kita lupa pada Allah SWT. Dengan hati yang baik/ yang selamat maka kita akan segera merespon hal yang baik.

Beberapa perkara yang dapat membersihkan hati dengan Fitrah

1.       Penanaman Tauhid, yaitu dengan Meng-ESAkan Allah SWT (ilmu Tauhid) terlebih dahulu sebelum mencari ilmu yang lainnya. Dengan kemurnian tauhid manusia menjadi mahkluk yang terbebas yang bisa mengoptimalkan apa yang dimilikinya bukan hambanya hamba bagi manusia yang terlepas dari tauhid. Seseorang yang menggantungkan hatinya dirinya dengan makhluk, (manusia, benda-benda tertentu) bukan dengan Allah SWT maka akan menyebabkan dirinya menjadi orang yang lemah karena telah menjauhkan dirinya dari Allah yang memiliki segala sesuatu. Maka orang yang memiliki tauhid hatinya akan menjadi bersih, tidak akan menderita stress dan tidak akan terus menerus dalam kesusahan karena yang menolong adalah ALLAH SWT.

2.       Menjaga sholat, ibarat di dekat pintu ada sungai maka dengan mandi sebanyak lima kali maka tidak akan ada kotoran di tubuh, demikian perumpamaan bahwa dengan sholat lima waktu maka Allah akan menghapus  semua kesalahan/kotoran orang yang menjaga sholat lima waktu. Apabila ingin membersihkan hati, apakah mudah marah, suka dengki, ada kecemasan, kebingungan maka sholatlah niscaya akan hilang semua dengan sholat.

3.       Menghindarkan diri dari hal-hal yang haram. Halal Itu jelas, haram itu jelas. Dan diantara halal dan haram ada perkara yang subhat yang harus dipertanyakan kepada yang ahli karena apabila seseorang tidak berhati-hati dengan perkara halal maka dia bisa terjerumus dalam perkara yang haram. Jika kita bisa menjaga dari hal-hal yang haram maka akan membersihkan apa-apa yang ada dalam diri. “Benar-benar telah menang orang yang telah membersihkan dirinya, dan benar-benar telah rugi orang-orang yang mengotori dirinya dengan perbuatan dosa”. “Sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu menghapuskan keburukan-keburukan”. Bila kita pelit maka memberi, maka bila kita marah maka maafkanlah

 

Dengan silaturrahmi ini diharapkan seluruh keluarga FK UNISSULA Semarang dapat memberikan senyum, menyapa maka berkumpul dengan orang baik maka kedengkian akan hilang dari diri. Jangan sampai kita menginginkan nikmat orang lain hilang (hasan/Iri). Acara Halal bihalal ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan ditutup dengan sesi foto bersama dan saling memberikan salam secara simbolis.